Perlukah Menggunakan Jasa Pendaftaran Merek?

SMARTLEGAL.id

Mengajukan Permohonan Merek Melalui Jasa Pendaftaran Merek, Perlukah?

Perlukah seorang pengusaha menggunakan jasa pendaftaran merek dalam proses pengajuan merek ke Ditjen HKI? Coba simak ulasan berikut ini

 

Pada dasarnya, pendaftaran merek dapat dilakukan secara mandiri dengan datang langsung ke Ditjen HKI, melalui kantor wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI yang ada di masing-masing daerah, atau melalui konsultan HKI terdaftar.

 

Secara pengertian, konsultan HKI diartikan sebagai seseorang yang memiliki pengetahuan dan keahlian terkait hak kekayaan intelektual dan secara khusus membuka jasa pengurusan permohonan pendaftaran paten, desain industri, merek, hak cipta, dan indikasi geografis.

 

Lalu, seberapa pentingkah peran konsultan HKI sebagai jasa pendaftaran merek? Simak ulasannya berikut ini.

Keuntungan Menggunakan Jasa Pendaftaran Merek

Bila pendaftaran merek dilakukan secara mandiri, maka segala urusan terkait persyaratan hingga prosedur pendaftaran merek harus dilakukan oleh Anda sendiri. Perlu diketahui, alur pendaftaran merek memang mudah tapi cukup melelahkan karena prosesnya terbilang lama, apalagi bila ada persyaratan yang kurang saat mengajukan permohonan pendaftaran merek, penolakan permohonan pendaftaran merek, hingga munculnya pihak oposisi yang mengajukan keberatan.

 

Beda halnya bila Anda menyerahkan urusan tersebut pada jasa pendaftaran merek di Indonesia. Apabila Ditjen HKI mengirimkan surat kekurangan terhadap persyaratan pendaftaran merek atau memberikan surat penolakan permohonan pendaftaran merek, maka segala urusan surat tersebut akan ditangani dengan benar oleh jasa pendaftaran merek.

 

Selain itu, tak jarang jasa pendaftaran merek juga memberikan layanan arbitrase terkait sengketa merek. Sengketa merek umumnya terjadi ketika ada pihak lain yang menggunakan merek terdaftar tanpa izin/lisensi dari pemilik. Dengan bantuan pihak yang lebih profesional, Anda pun bisa mendapatkan solusi dan penanganan terbaik terkait penyelesaian sengketa merek.

Panduan Memilih Jasa Pendaftaran Merek di Indonesia

Agar tidak salah langkah, berikut beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum menetapkan jasa pendaftaran merek di Indonesia merujuk pada tips memilih konsultan HKI yang tepat.

  

  1. Pastikan bila pihak yang Anda tunjuk benar-benar konsultan HKI dan terdaftar di pangkalan data konsultan kekayaan intelektual. Bagaimana cara mengetahuinya? Silakan kunjungi laman Ditjen HKI, kemudian pilih menu e-informasi HKI – Pangkalan Data Konsultan KI. Setelah itu Anda tinggal menggunakan fitur search untuk mencari konsultan yang Anda maksud.
  2.  

  3. Tips ke dua ialah pastikan bahwa konsultan HKI patuh pada kode etik profesi konsultan HKI Indonesia yang berlaku. Adapun penjelasan mengenai kode etik profesi konsultan HKI Indonesia adalah sebagai berikut:
    • Tidak dibenarkan untuk memberikan informasi yang menyesatkan, menjelekkan konsultan HKI lainnya, serta mengandung unsur yang membawa citra buruk profesi konsultan HKI.
    • Tidak dibenarkan untuk menyatakan diri memiliki kemampuan untuk mempengaruhi pegawai pemerintahan terkait, baik secara langsung maupun tidak langsung.
    • Tidak dibenarkan untuk memberikan jaminan keberhasilan

 

  1. Terakhir, Anda bisa melihat bagaimana jam terbang konsultan HKI tersebut dengan melihat portofolio klien-klien sebelumnya.

Smart Legal Dapat Membantu Anda

Sebagai jejaring kantor hukum dan kantor konsultan, Smart Legal Network siap memberikan pelayanan terbaik terkait arbitrase sengketa bisnis, izin kerja ekspatriat, penanaman modal asing, pendirian badan usaha, hingga pendaftaran merek.

 

Smart Legal memiliki rekan yang berpengalaman dan profesional seperti BP Lawyers. BP Lawyers telah berpengalaman mengelola kasus yang berkaitan dengan hak kekayaan intelektual seperti perwakilan perusahaan dalam negeri dan multinasional untuk menangani kasus pelanggaran merek dan membatu klien dalam pengajuan permohonan pendaftaran merek dagang.

 

Itulah keuntungan menggunakan jasa pendaftaran merek di Indonesia hingga tips memilih konsultan HKI sebagai jasa pendaftaran merek yang tepat. Bagi Anda yang membutuhkan konsultan HKI, silakan hubungi Smart Legal Network.

Biaya Pendaftaran Merek

Penelusuran Merek

Rp 500.000,-

  • 3 Hari Kerja
  • Melakukan penelusuran merek sebelum merek di daftarkan

Pendaftaran Merek UMKM

Rp 2.000.000,-

  • 3 Hari Kerja
  • Mengumpulkan dokumen persyaratan dari client
  • Melakukan monitoring dan laporan terkait proses atau tahapan dari pengerjaan

Pendaftaran Merek Umum

Rp 3.500.000,-

  • 3 Hari Kerja
  • Mengumpulkan dokumen persyaratan dari client
  • Melakukan monitoring dan laporan terkait proses atau tahapan dari pengerjaan

Tentang Smart Legal

Smart Legal memberikan solusi bagi semua pengusaha untuk melek hukum, untuk menghindari kerugian hukum yang dapat terjadi kapan saja akibat ketidaktahuan dalam suatu kegiatan bisnis yang berkaitan dengan hukum. Untuk itu Smart Legal hadir dan mengedukasi pentingnya pendaftaran merek untuk mengamankan merek bisnis Anda.

Persyaratan

  • Untuk menggunakan jasa pendaftaran merek yang disediakan oleh smartlegal.id, ada beberapa dokumen persyaratan yang harus Anda sediakan antara lain

  • Label Merek

  • Bukti Pembayaran Biaya

  • Surat pernyataan kepemilikan merek yang dimohonkan pendaftarannya.

  • Surat kuasa, apabila permohonan diajukan melalui kuasa.

  • Bukti prioritas dan terjemahannya dalam Bahasa Indonesia, apabila pemohon menggunakan hak prioritas.

  • Jika permohonan diajukan oleh lebih dari satu pemohon yang secara bersama-sama berhak atas merek tersebut, maka seluruh nama pemohon dicantumkan dengan memilih salah satu alamat sebagai alamat dari pemohon. Permohonan tersebut ditandatangani oleh salah satu dari pemohon yang berhak atas merek tersebut dengan melampirkan persetujuan tertulis dari para pemohon yang mewakilkan.

MULAILAH BISNIS ANDA SEKARANG JUGA

Ketahuilah bahwa orang sukses tidaklah sehebat yang kita
bayangkan. Mereka hanya sedikit lebih cepat dan lebih berani.
– Bong Chandra








Sedang Mengirim...